Panduan Dapur Fungsional: Tips Memilih Kitchen Set Ideal

Dapur Fungsional

Tips Memilih Kitchen Set dan Cara Membuat Dapur Fungsional. Dapur merupakan jantung dari sebuah rumah. Di tempat inilah momen-momen spesial tercipta, mulai dari menyiapkan sajian lezat hingga berkumpul bersama keluarga. Oleh karena itu, penting untuk memiliki dapur fungsional dan nyaman untuk Anda gunakan.

Untuk mewujudkan dapur yang fungsionalitas ini, penggunaan kitchen set yang tepat adalah langkah penting yang tidak boleh Anda abaikan. Bukan hanya tentang estetika, dapur fungsional juga tentang bagaimana memaksimalkan ruang dan efisiensi kerja Anda di dapur. Lalu, bagaimana cara memilih kitchen set yang tepat?

Cara Memilih Kitchen Set

Ketika memutuskan untuk menggunakan kitchen set, ada beberapa yang perlu Anda pertimbangkan. Kehadiran kitchen set yang baik tidak hanya mempercantik dapur Anda, tetapi harus juga mempermudah aktivitas sehari-hari Anda di ruangan tersebut.

Beberapa pertimbangan yang penting untuk Anda evaluasi meliputi:

1. Fungsionalitas

Bagaimana dapur yang fungsional

Jika ditanya apa fungsi dari dapur, tentu saja semua jawaban yang muncul adalah area untuk memasak. Meski demikian, tidak bisa Anda pungkiri, bahwa setiap rumah memiliki kebiasaan memasak yang berbeda. Ada yang setiap hari memasak dalam jumlah besar dan ada juga yang hanya menggunakan dapur sesekali.

Bagaimana dapur yang fungsional itu? Agar dapur dapat berfungsi dengan optimal, penting untuk memperhatikan hal-hal berikut:

  • Desain yang Disesuaikan dengan Kebutuhan

Rumah dengan kebiasaan memasak besar membutuhkan space memotong atau mengolah  bahan makanan yang lebih besar. Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkan desain kitchen set dengan countertop yang luas. Sedangkan untuk dapur mungil fungsional, Anda bisa memilih kitchen set yang lebih sederhana.

Selain itu pertimbagkan juga desain lemari kitchen set. Untuk beberapa orang dengan printilan dapur berukuran kecil, lemari model laci akan jauh lebih bermanfaat. Semetara untuk dapur dengan peralatan besar, lemari dengan desain rak akan menjadi tempat penyimpanan yang ideal.[1]

  • Ruang Penyimpanan yang Cukup

Kitchen set yang baik adalah kitchen set yang mampu membuat tampilan dapur Anda tertata dengan rapi dan tidak banyak barang yang berserakan.

Untuk Itu, Anda perlu membuat kitchen set yang Anda sesuaikan dengan banyaknya peralatan masak dan juga bahan-bahan masak. Dengan demikian peralatan juga bahan masak bisa tersimpan dengan baik dan tidak bertebaran di area dapur.

  • Layout Ruangan

Sebelum memutuskan untuk membuat kitchen set, Anda perlu memastikan bahwa semua elemen dapur, layaknya kompor, oven, kulkas, dan wastafel, Anda tempatkan dalam jangkauan yang nyaman.

Membuat tata letak dapur minimalis bisa membantu mengurangi waktu dan tenaga yang Anda perlukan saat memasak, serta meningkatkan efisiensi. Meskipun memerlukan waktu lebih untuk merencanakan hal ini, tata letak yang fungsional akan sangat bermanfaat di masa depan atau ketika Anda memiliki anggota keluarga lansia.[2]

2. Material yang Tahan Lama

Material yang Tahan Lama

Setiap orang pastinya menginginkan barang yang tahan lama dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Jika Anda menginginkan kitchen set yang awet, Anda perlu mempertimbangkan pemilihan bahan yang berkualitas.

Beberapa material berkualitas  yang umum digunakan adalah:

  • Multiplek: Resilience terhadap air, ringan, serta kokoh.
  • Stainless Steel: Tahan karat, mudah dibersihkan, dan memberikan tampilan modern.
  • Kayu Solid: Menyugguhkan kesan hangat serta alami, tetapi memerlukan perawatan lebih untuk menjaga keindahannya.
  • Medium Density Fiberboard: Mudah dimodifikasi dan ringan.

3. Sesuaikan Dimensi Kitchen Set dengan Ukuran Dapur

Menyesuaikan Dimensi Kitchen Set dengan Ukuran Dapur

Tak peduli seindah maupun secanggih apa pun desain yang Anda buat, pemilihan ukuran yang tidak tepat dapat membuat ruang dapur terasa sempit dan juga sumpek. Untuk mencegah hal ini, sangat penting untuk melakukan pengukuran yang cermat pada area dapur Anda.

Tentukan dimensi kitchen set yang sesuai agar tidak memakan terlalu banyak ruang, sehingga dapur tetap terasa lapang juga nyaman untuk Anda pakai sehari-hari.

4. Pilih Warna yang Sesuai dengan Nuansa Rumah

Memilih Warna yang Sesuai dengan Nuansa Rumah

Pemilihan warna pada dapur yang asal, terutama pada rumah dengan konsep open space, akan membuat tampilan rumah terkesan murahan dan tidak menarik. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu menyesuaikan pemilihan warnanya sehingga menciptakan harmoni dan keindahan visual yang memikat mata.

Tidak hanya warna pada lemari kitchen set, Anda juga perlu menimbang pemilihan warna pada hardware serta countertop.

5. Pemilihan Finishing

Pemilihan Finishing

Selain warna, pertimbangkan pula tipe finishing yang akan Anda pilih, yakni high gloss, semi gloss, atau matt.

  • High Gloss

Finishing yang sering digunakan pada tahun 70-an ini akan membuat kitchen set Anda tampil berkilau dan dapat memantulkan cahaya. Finishing ini masih relevan terlebih untuk Anda yang menginginkan dapur dengan gaya kontemporer serta kitchen set tanpa handle.

  • Semi-Gloss

Tampilannya tetap berkilau namun tidak terlalu mengkilap layaknya finishing high gloss. Finishing ini lebih mudah Anda rawat karena tidak mudah meninggalkan sidik jari, berbeda dengan high gloss yang lebih rentan terhadap noda tangan.

  • Matt

Tidak memantulkan cahaya, tipe finishing ini ideal bagi Anda yang menginginkan tampilan dapur yang lebih kalem serta kesan yang lebih modern.

Cara Membuat Dapur Fungsional

Pemilihan kitchen set memang punya peran besar dalam menciptakan dapur yang anggun serta fungsional. Namun ada juga beberapa hal lain juga yang perlu Anda perhatikan dalam membuat model dapur yang fungsional, seperti:

1. Pilih Peralatan Dapur yang Tepat

Memilih Peralatan Dapur yang Tepat

Dapur kecil sering kali dihadapkan dengan dilema klasik, yakni kulkas raksasa yang mendominasi ruang. Hindari jebakan ini dengan memilih peralatan yang proporsional dengan ukuran dapur dan kebutuhan memasak Anda.

Anda harus mempertimbangkan juga pemilihan peralatan dapur yang mudah Anda bersihkan, baik dari segi material maupun bentuknya. Hal ini penting untuk memudahkan Anda dalam merawat dan membersihkan peralatan dapur setiap hari, sehingga dapur tetap bersih dan terjaga kebersihannya.

2. Pencahayaan yang Optimal

Pencahayaan yang Optimal

Desainlah dapur agar memiliki dua sumber cahaya, yakni pencahayaan umum yang memberikan penerangan merata di seluruh ruang dapur, serta task lighting yang berada di atas area memasak, wastafel, atau countertop.

Dengan penerangan yang memadai di area memasak, Anda dapat melihat bahan-bahan dan peralatan dengan jelas, sehingga mengurangi risiko kecelakaan.

3. Ventilasi yang Baik

Ventilasi yang Baik

Untuk ruangan kecil, apalagi yang tertutup tanpa ventilasi udara atau jendela, hal ini dapat membuat dapur jadi lebih bau sehingga kurang nyaman untuk beraktivitas di dalamnya. Ide dapur sempit dengan memanfaatkan pemakaian exhaust fan bisa jadi solusi Anda.

Exhaust fan bukan sekadar kipas angin biasa. Alat ajaib ini mampu mengisap udara kotor, asap, dan bau dari dapur dan membuangnya ke luar ruangan.

Apakah Anda ingin mengubah dapur Anda menjadi ruang yang lebih fungsional dengan kitchen set berkualitas dan tahan lama? Di 86 Cipta Buana, kami siap mewujudkan impian Anda. Transformasi dapur lama Anda tidak hanya membuatnya lebih cantik dan menarik, tetapi juga meningkatkan fungsionalitas secara maksimal.

Dengan tim profesional kami, Anda akan mendapatkan desain dapur fungsional dan modern yang menambah nilai estetika rumah Anda. Bersama 86 Cipta Buana, ubah angan Anda akan dapur fungsional dan estetis menjadi kenyataan!


Sumber:

Komentar