Spesialis Kitchen Set Purwokerto Berkualitas dan Termurah

Kitchen set Purwokerto

Kitchen Set Purwokerto: Fungsi, Bahan, Desain, Rekomendasi. Menggunakan kitchen set adalah pilihan yang cocok ketika Anda hendak mempercantik kawasan dapur. Bukan hanya agar tampil lebih estetik, kehadiran kitchen set pun cukup fungsional untuk menunjang aktivitas memasak ataupun menyimpan alat-alat dapur. Tapi, di mana menemukan kitchen set Purwokerto yang berkualitas?

Jika Anda tertarik mendapatkan kitchen set Purwokerto harga termurah dan berkualitas, maka pastikan membaca artikel ini hingga tuntas. Sebab di artikel ini, Anda akan mempelajari lebih dalam tentang pengertian, fungsi, jenis, dan kelebihan, kitchen set, termasuk rekomendasi kitchen set Purwokerto berkualitas.

Mari simak informasinya!

Apa Itu Kitchen Set?

Kitchen set Purwokerto

Kabinet dapur atau lebih terkenal dengan sebutan kitchen set adalah jenis furnitur yang berguna untuk menunjang proses memasak atau menata semua perkakas dapur.

Penggunaannya mampu mengoptimalkan kegunaan ruangan dapur serta menjadikan kerja Anda bisa lebih optimal. Menariknya, kitchen set ini bisa dibuat secara custom, sehingga hasilnya sesuai keadaan dapur serta keinginan dari si pemilik.

Ketika melihat dapur telah mempunyai kitchen set, Anda akan menyadari bahwa dapur tersebut menjadi semakin estetik serta memudahkan penggunanya.

Maka, tak mengherankan apabila tren pemakaian jasa kitchen set Purwokerto cenderung naik, sebab sudah lebih banyak pemilik hunian yang aware atas fungsionalitas perkakas tersebut.

4 Fungsi Kitchen Set

Fungsi Kitchen set

Empat fungsi kitchen set yang bisa Anda dapatkan antara lain:

Memperindah Penampilan Dapur

Berdasarkan visual, kabinet dapur ini dapat  menghasilkan kesan indah atau estetik di area dapur Anda. Karakter pemilik pun dapat digambarkan dengan perkakas ini, sebab desain, warna, bentuk, dan aspek lainnya bisa dikustomisasi.

Karena visual dapur yang indah, maka semangat dalam memasak dan membersihkan perkakas dapur seusai digunakan secara otomatis juga akan meningkat.

Sebagai Tempat Penyimpanan Alat Dapur

Seperti yang beberapa kali sudah kami sebutkan sebelumnya, perangkat ini dapat berguna sebagai tempat penyimpanan alat dapur. Sebab, area kitchen set berisikan kabinet terbuka dan tertutup, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan alat masak Anda.

Multifungsi

Bukan hanya sekadar memperindah penampilan dapur, kitchen set juga multifungsi. Anda dapat memasak, mencuci piring, menyimpan peralatan dapur, bahkan dapat menjadikannya sebagai area makan.

Untuk fungsi yang terakhir, pilihlah kitchen set yang menggunakan kitchen island, karena dapat berguna sebagai meja makan juga.

Menjaga Area Dapur Tetap Bersih dan Rapi

Karena setiap peralatan sudah memiliki tempat penyimpanannya sendiri, maka area dapur akan terlihat lebih bersih dan rapi.

Selain itu, Anda juga akan lebih mudah menemukan peralatan memasak, karena sudah ada tempat penyimpanannya sendiri.

Komponen Utama Kitchen Set

komponen Kitchen set

Saat ini, Anda bisa membeli langsung kitchen set atau membuatnya secara custom. Namun agar bisa mendapatkan semua fungsi di atas, maka ada beberapa komponen kitchen set yang harus ada, yaitu:

Kabinet

Saat Anda ingin membuat kitchen set secara custom, pastikan Anda memasukkan komponen ini. Kabinet merupakan hal krusial saat merancang kitchen set, karena fungsinya cukup besar dan dapat memengaruhi keindahan dan efisiensi area dapur.

Area kabinet terbagi menjadi dua, yaitu kabinet atas dan kabinet bawah. Kabinet atas berguna untuk menjadi area penyimpanan peralatan dapur kecil, misalnya bahan masakan, bumbu masak, piring, gelas, mangkok, dan lainnya.

Sementara kabinet bawah cocok untuk menyimpan peralatan berukuran besar, seperti panci, wajan, teflon, baskom, dan lainnya. Anda juga bisa memanfaatkan kabinet bawah sebagai tempat penyimpanan oven ataupun tabung gas.

Namun jika ingin lebih hemat biaya, Anda bisa memilih menggunakan kabinet bawah saja.

Backsplash Kitchen Set

Komponen kedua ini posisinya ada di antara kabinet bawah dan atas. Fungsinya adalah sebagai pelindung area dapur, terutama di dekat kompor dan wastafel cuci piring.

Kehadiran komponen ini dapat mencegah cipratan minyak, air, sabun, dan kotoran bisa menempel di dinding. Selain itu, pemilihan backsplash yang tepat juga bisa membuat estetika dapur lebih meningkat.

Counter Table

Counter table merupakan permukaan dari kabinet bawah kitchen set. Area ini banyak dimanfaatkan menjadi meja dapur, sehingga pemilik bisa menggunakannya untuk mempersiapkan bahan masakan, sekaligus bersih-bersih. Di area counter table terdapat tempat mencuci piring, rak rak piring, serta kompor.

Karena menjadi tempat yang paling banyak berinteraksi dengan pengguna, maka pemilihan bahannya harus kuat dan bagus agar lebih tahan lama.

Cooker Hood

Cooker hood atau alat penghisap udara berguna untuk menyerap asap yang keluar saat memasak. Asap yang berhasil dihisap tersebut nantinya dapat langsung keluar. Alhasil, dapur pun bebas bau dan lebih segar, karena panas tidak terperangkap.

Ambalan atau Rak Dinding Terbuka

Apabila Anda ingin kitchen set yang berkonsep minimalis dan estetik, maka penggunaan ambalan wajib dimasukkan. Di sini Anda dapat meletakkan peralatan makan cantik untuk membuat dapur lebih bagus.

Jenis-Jenis Desain Kitchen Set

Zaman sekarang terdapat  banyak tipe kitchen set yang bisa dijadikan ide dalam merancang milik Anda sendiri. Nah, sembilan jenis kitchen set yang bisa Anda jadikan inspirasi saat membuatnya secara custom, antara lain:

Straight Kitchen Set

jenis-jenis Kitchen set

Rekomendasi desain pertama ini sangat pas bagi pemilik yang mempunyai area dapur yang terbatas alias kecil. Sesuai namanya, desain straight ini memanjang sekaligus mampu menampung banyak kebutuhan dapur.

Dalam desain tersebut Anda akan menemukan satu baris kabinet penyimpanan, counter table, sink, dan lainnya. Karena semuanya berada dalam satu garis memanjang, maka dapur akan terlihat lebih praktis dan simpel.

Parallel Kitchen Set

Parallel  Kitchen set

Parallel kitchen set umumnya memiliki dua buah meja dengan posisi saling berseberangan. Salah satu meja akan menempel ke dinding, sedangkan meja lainnya akan menjadi pembatas dengan area terbuka dapur atau rumah.

Tipe parallel ini sangat cocok jika ukuran dapur Anda sedang hingga besar. Nantinya, pergerakan ke setiap sisi akan lebih mudah dan cepat.

L-Shaped Kitchen Set

L-shaped Kitchen set

Bentuk desain dari kabinet dapur ini menyerupai huruf L, dengan semua bagian kitchen set akan menempel ke dinding dengan pertemuan di sudut ruangan dapur.

Desain ini tidak mewajibkan Anda untuk menggunakan kabinet atas, karena kabinet bawah sudah cukup memadai untuk menyimpan semua peralatan dapur Anda. Jika tidak ingin area atas terlihat kosong, maka Anda bisa menambahkan ambalan untuk meletakkan bumbu-bumbu atau piring cantik.

L-Shaped Kitchen Set with Island

L-Shaped Kitchen set
Foto dari Pinterest Stylesatlife

Secara umum bentuknya sama dengan L-Shaped di atas, namun ada tambahan island  di area tengah bentuk L tersebut. Area island tersebut dapat berguna sebagai area cuci piring, penyimpanan, ataupun sebagai meja makan.

U-Shaped Kitchen Set

U-shaped Kitchen set

Konsep desain dari kitchen set kelima ini adalah huruf U, sehingga akan memanfaatkan dua dua hingga tiga area dinding, sehingga posisinya cocok di area sudut dapur.

Jika ukuran dapur Anda tidak terlalu besar, maka area U ini bisa memanfaatkan tiga area dinding untuk menghasilkan bentuk U sempurna. Sedangkan jika dapur Anda berukuran sedang, maka manfaatkan dua dinding saja dengan satu bagian lainnya mengambil tempat di tengah dapur.

G-Shaped Kitchen Set

G-Shaped Kitchen set
Foto dari Pinterest Barbara Shaw

Rekomendasi bentuk kitchen set yang terinspirasi dari huruf G ini dibuat supaya area pengolahan makanan lebih banyak dan bisa dimanfaatkan juga menjadi meja makan.

Karena bentuknya yang lumayan kompleks, maka area ukuran dapur Anda setidaknya harus sedang hingga besar agar ruang gerak masih banyak.

Island Kitchen Set

Island Kitchen set

Konsep dari jenis ketujuh ini adalah adanya penambahan island atau meja tunggal di area tengah dapur. Di bagian ini Anda bisa meletakkan sink, tempat penyimpanan, atau menjadikannya meja makan.

Karena highlight utamanya adalah island, maka area kabinet dan meja lainnya bisa menggunakan desain apa saja, seperti L-Shaped, G-Shaped, U-Shaped, dan lainnya.

Circular Kitchen Set

Circular Kitchen set

Konsep kitchen set ini adalah seperti setengah lingkaran, di mana setengah sisi lainnya berguna untuk area keluar masuk pengguna dapur.

Untuk menegaskan bentuk sirkular ini, di bagian tengah kitchen set terdapat sebuah meja atau area penyimpanan yang bentuknya melingkar.

Peninsula Kitchen Set

Kitchen set Purwokerto
Foto dari Pinterest Designing Idea

Konsepnya mirip dengan island kitchen set yang memiliki satu tambahan meja. Akan tetapi mejanya ini dibuat menempel dengan salah satu sisi dinding dapur.

Bahan Pembuatan Kitchen Set

bahan kitchen set
Foto dari Pinterest Home Designing

Sama seperti desainnya, bahan kitchen set juga sangat banyak, di mana masing-masing mempunyai keunggulan tersendiri. Nah, beberapa opsi bahan kitchen set yang bagus dan awet adalah:

Material HPL (High Pressure Laminate)

Cukup banyak orang yang memilih bahan kitchen set HPL sebagai pelapis kitchen set karena tampilannya mirip seperti corak kayu, dengan permukaan mengkilap namun tidak licin. Sekalipun beberapa kali terbentur, material HPL tergolong kuat, sehingga kitchen set akan lebih awet.

Perawatan material HPL juga sangat mudah, sehingga Anda tidak akan kesusahan membersihkan kotoran yang menempel.

Aluminium

Meskipun material ini jarang Anda lihat di rumah, namun kitchen set ini menjadi langganan di dapur hotel ataupun dapur hotel. Namun bukan berarti Anda tidak dapat menggunakannya di rumah.

Alasan material ini unggul adalah kualitas bahannya lebih bagus daripada sejumlah material lain, seperti kayu dan melamin.

Materialnya juga kokoh, kuat, dan tahan lama, sehingga cocok untuk dapur yang super sibuk. Selain itu, material aluminium juga terkenal tahan air, tahan api, hingga tahan dari gangguan serangga.

Multiplek

Multiplek cukup populer di kalangan perancang furnitur, karena sering digunakan untuk pembuatan berbagai perkakas. Material yang bernama lain plywood ini mempunyai  ketebalan sekitar tiga hingga delapan belas millimeter.

Multiplek berasal dari kombinasi serat kayu, di mana bagian paling atas atau permukaannya lebih kuat daripada area tengahnya. Oleh karena itu, bahan ini cukup tahan air, tidak mudah ditekuk, dan tidak mudah memuai.

Decosheet

Decosheet cukup serupa dengan HPL, namun material ini lebih tipis. Karena itulah, material decosheet sebaiknya Anda gunakan untuk dapur kering saja.

Material yang berbentuk lembaran ini lumayan fleksibel, sehingga mudah menyesuaikan dengan desain dapur yang melengkung. Bahannya juga tidak mudah terkelupas setelah banyak kali pemakaian.

MDF (Medium Density Fiberboard)

Material MDF berasal dari padatan serbuk kayu dengan permukaan halus dan ketebalan lumayan. Materialnya juga mudah ditekuk dan lentur, namun tidak tahan air dan tidak tahan terhadap benda berat.
Jadi pastikan menggunakan bahan ini hanya untuk desain dapur kering Anda saja.

HMR (High Moisture Resistant)

Bahannya persis dengan MDF, namun ketahanannya terhadap air lebih tinggi. Bahannya juga ringan dan tahan terhadap gangguan jamur.Oleh karena itu, Anda bisa menggunakannya untuk material di dapur basah.

PVC (Poly Vinyl Chloride)

PVC juga selalu masuk sebagai rekomendasi material untuk kitchen set karena tahan terhadap rayap, sehingga perkakas dapur Anda dapat bertahan lama. Perawatn PVC juga mudah, karena tahan air dan sudah anti korosi.

Namun yang wajib Anda ingat, penggunaan PVC dalam jangka waktu panjang dapat membuat warnanya memudar, sehingga estetika di dapur akan berkurang.

Blockboard

Blockboard merupakan perpaduan antara veneer dengan papan kayu lunak. Material ini tahan air, lumayan estetik, dan murah. Hanya saja, daya tahannya relatif kurang.

PU (Polyurethane)

Kabinet dapur yang menggunakan material ini akan memiliki tampilan mengkilap dan antigores. Karena cukup tahan atas benturan dan mudah dirawat, maka penggunaannya cocok untuk jangka panjang.

Kayu Solid

Material kayu solid untuk kitchen set pada umumnya berasal dari kayu jati, yang memiliki kekuatan bagus dengan corak dan serta eksklusif. Namun karena berasal dari kayu, maka perawatannya akan cukup ekstra agar jejak kotoran tidak bersisa di kitchen set.

Jasa Pembuatan Kitchen Set Purwokerto Kabupaten Banyumas Jawa Tengah

kitchen set Purwokerto berkualitas harga termurah

Jika Anda berada di Purwokerto, khususnya Banyumas, maka percayakanlah jasa pembuatan kitchen berkualitas kepada 86 Cipta Buana. Kami siap mendampingi Anda untuk mendapatkan kitchen set Purwokerto berkualitas harga termurah.

Dengan pengalaman mumpuni mendampingi banyak orang menemukan kitchen set impiannya, kami yakin juga mampu memenuhi ekspektasi Anda nantinya.

Beberapa kelebihan memakai kitchen set dari 86 Cipta Buana di antaranya adalah:

Mampu Menggabungkan Desain dan Fungsi

Ide yang dijadikan 86 Cipta Buana sebagai jasa kitchen set Banyumas adalah memadukan antara desain yang elegan dengan efektivitas fungsi kitchen set tersebut.

Hal ini bertujuan untuk membantu Anda agar dapat mengubah dapur yang awalnya membosankan menjadi lebih bergaya, estetik, dan berkelas. Tidak peduli seperti apa desain yang Anda minta, kami pasti tetap memastikan fungsi utamanya untuk tempat penyimpanan dan area memasak tetap terpenuhi.

Menyediakan Banyak Desain Kitchen Set

Kami mampu mengerjakan semua desain kitchen set yang sebelumnya telah Anda lihat. Sekecil apa pun ruangan dapur Anda, kami akan memastikan desain yang diinginkan dapat diterapkan pada dapur.

Anda juga dapat berkonsultasi secara bebas agar bisa menemukan desain kitchen set impian, mulai dari penentuan konsep hingga barang jadi.

Menyediakan Beragam Opsi Material

Semua bahan yang sudah di-list pada pembahasan sebelumnya dapat kami sediakan untuk Anda. Jadi, silakan tentukan sendiri material yang diinginkan, sesuai kebutuhan, preferensi, hingga biayanya.

Kalaupun material yang diinginkan tidak terdaftar dalam artikel ini, jangan khawatir. Anda bisa mendiskusikannya bersama kami agar mendapatkan solusi.

Banyak Pilihan Referensi

Jika kebingungan dengan konsep kitchen set yang diinginkan, maka Anda bisa memanfaatkan katalog atau galeri kami. Dari desain-desain tersebut, Anda akan menemukan inspirasi desain sendiri ataupun menggunakan desain yang sudah ada sebelumnya.

Waktu Pengerjaannya Cepat

Setelah memutuskan desain hingga harga kitchen set pilihan, Anda tidak perlu menunggu lama, karena pengerjaan kami cukup cepat. Waktunya hanya selama satu hingga dua minggu, karena bergantung kepada kompleksitas ukuran dan desainnya.

Rentang waktu tersebut sudah termasuk konsultasi hingga instalasi di dapur, ya. Proses pengerjaan yang cepat dapat terwujud, karena semua proses pembuatannya dilakukan oleh 86 Cipta Buana sendiri, bukan dari pihak lainnya.

Nah, banyak sekali keunggulan memesan kitchen set pada kami, bukan? Segera pesan kitchen set Purwokerto dari 86 Cipta Buana dan dapatkan dapur impian Anda. Hubungi kami sekarang juga di (+62) 823-2361-9996 untuk berkonsultasi mengenai kebutuhan kitchen set Anda!

Komentar