9 Kitchen Set Minimalis Kekinian untuk Dapur Rapi dan Cantik

Kitchen Set Minimalis

9 Desain Kitchen Set Minimalis dan Beragam Materialnya. Menambahkan kitchen set minimalis untuk dapur yang menjadi jantung rumah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan fungsionalitas serta  memperindah tampilan ruangan.

Memang, sudah menjadi rahasia umum bahwa gaya minimalis telah merajai hati para pemilik rumah dengan ruang terbatas di Indonesia.[1] Namun demikian gaya ini juga dapat Anda adopsi jika Anda mengincar suasana dapur modular yang rapi tanpa dekorasi yang berlebihan dengan kapasitas penyimpanan yang maksimal.

Inspirasi Model Kitchen Set Minimalis

Dengan ciri khas pemilihan warna yang sederhana, banyak penyimpanan, serta tata letak yang sederhana, berikut adalah beberapa inspirasi desain kitchen set minimalis untuk dapur Anda:

1. Kabinet Kaca

Kabinet Kaca
Sumber Gambar: Pinterest/@Angeline Chong

Lemari penyimpanan bagian atas dibuat dengan tambahan material kaca, sehingga memudahkan Anda untuk melihat benda-benda yang tersimpan di dalamnya. Bagi para pecinta barang pecah belah seperti piring atau cangkir cantik, tipe kabinet kaca ini akan menjadi wadah ideal untuk memajang koleksi Anda secara elegan.

Berbeda dengan kabinet sisi atas, pada gaya ini, tempat penyimpanan bagian bawah akan dibuat tertutup. Fungsinya untuk menyimpan barang-barang seperti penggorengan, panci, serta alat-alat masak lainnya tanpa terlihat berantakan.

2. Gabungan Kabinet Tertutup dan Terbuka

Gabungan Kabinet Tertutup dan Terbuka
Sumber Gambar: Pinterest/@The Minimalist Society

Model kitchen set minimalis untuk dapur kecil ini bantu Anda menampilkan visual dapur yang lebih luas serta lega karena bagian atas tidak tertutup sepenuhnya.

Rak terbuka ini bisa Anda fungsikan sebagai tempat menyimpan barang-barang dekoratif atau tempat barang-barang yang sering Anda gunakan. Contohnya bumbu dapur, blender, atau chopper agar tidak berserakan di counter top atau meja atas.

3. Kabinet Tertutup

Kabinet Tertutup
Sumber Gambar: Pinterest/@Z

Untuk memberi nuansa yang semakin terorganisir  dan teratur secara visual, Anda bisa membuat rak dapur dengan model kabinet yang tertutup. Dengan kabinet yang tertutup ini, Anda bisa dengan leluasa menyembunyikan barang-barang tanpa harus khawatir penataannya di dalam kabinet.

Gaya ini akan memberikan kontribusi besar dalam menciptakan estetika yang sejalan dengan preferensi desain dapur Anda. Sederhana dan rapi, namun tetap elegan.

4. Kitchen Set Minimalis Modern

Kitchen Set Minimalis Modern
Sumber Gambar: Pinterest/@Leticia Souza.m

Menyatu dengan estetika modern, Anda bisa merancang kabinet Anda dengan pintu tanpa pegangan atau pintu push open. Lewat cara ini, sentuhan yang memikat dan minimalis akan sangat kental terlihat di dapur Anda.

Untuk model kitchen set minimalis mewah, Anda juga dapat memperhitungkan penggunaan lampu bar. Langkah ini akan membantu Anda memperoleh pencahayaan yang memesona di seluruh area dapur.

5. Motif Kayu

Motif Kayu
Sumber Gambar: Pinterest/@Rocio Gonzalez

Memilih motif kayu untuk dapur menghadirkan kehangatan dan pesona abadi. Nuansa alami kayu memancarkan rasa nyaman, menjadikan dapur sebagai jantung rumah yang mengundang. Selanjutnya desain motif kayu juga tidak lekang oleh waktu sehingga dapur Anda akan selalu tampil menawan dan juga berkelas.

6. Warna Putih

Warna Putih
Sumber Gambar: Pinterest/@Валерия

Rangkaian tempat penyimpanan dengan warna putih bisa Anda pilih untuk mewujudkan tampilan ruangan yang lebih terang. Terlebih dalam situasi di mana dapur tidak memiliki jendela atau memiliki ruang yang terbatas.

Warna putih mampu merefleksikan cahaya, sehingga bantu menyebarkan cahaya ke seluruh sudut dan menghadirkan suasana yang lebih terang.

7. Warna yang Lembut

Warna yang Lembut
Sumber Gambar: Pinterest/@Яха Куркаева

Selain warna putih serta motif kayu, Anda pun bisa memilih beragam warna untuk lemari penyimpanan di dapur Anda.

Jika Anda memiliki ruangan yang tidak terlalu luas, Anda bisa memilih kitchen set minimalis dapur kecil dengan warna lembut mendekati putih, seperti pastel. Warna-warna mendekati putih ini punya kemampuan untuk meningkatkan pencahayaan, sehingga dapat menciptakan tampilan ruang yang lebih terang.[2]

8. Monochrome

Monochrome
Sumber Gambar: Pinterest/@André Masson

Warna kitchen set minimalis ini memanfaatkan warna-warna monokromatik, yang biasanya terdiri atas gradasi putih,  abu-abu, serta hitam. Warna-warna cantik ini diaplikasikan secara dominan untuk seluruh elemen dapur, termasuk kabinet, laci, dan juga dinding.

Dengan gaya ala hitam-putih ini, Anda akan menyaksikan dapur Anda bertransformasi menjadi ruangan yang tidak hanya terorganisir, namun juga elegan.

9. Kitchen Set Aluminium

Kitchen Set Aluminum
Sumber Gambar: Pinterest/@Cronos Design

Bahan aluminium memberikan kabinet sifat ringan, namun tetap mempertahankan kekuatan yang Anda cari-cari. Lemari dapur tipe ini biasa dikombinasikan dengan kaca, sehingga tampilannya lebih ringkas dan bersih.

Material Kitchen Set Minimalis

Kitchen set yang bagus dari bahan apa? Material lemari penyimpanan yang bagus adalah material yang pemilihannya Anda sesuaikan dengan kondisi dapur Anda. Tersedia sejumlah pilihan material bahan yang dapat Anda eksplorasi, ini beberapa opsi material yang tersedia:

Material Kaca

Saat Anda ingin mengintegrasikan kabinet kaca dalam desain kitchen set Anda, terdapat variasi material kaca yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Kaca Fluted

Kaca Fluted
Sumber Gambar: Pinterest @Tobi/Canva

Karakteristik kaca jenis ini adalah motif garis-garis vertikal. Dari segi visual, setiap benda yang Anda letakan di belakang kaca ini akan tampak samar-samar tapi tidak seburam penggunaan kaca frosted.

  • Kaca Frosted

Kaca Frosted
Sumber Gambar: Pinterest @Martha Stewart/Canva

Kaca ini mempunyai karakteristik tampilan yang sedikit buram. Ideal untuk penggunaan kabinet penyimpanan di mana Anda ingin dengan mudah mengetahui isinya, namun tetap mempertahankan sedikit privasi visual.

  • Kaca Float

Kaca Float
Sumber Gambar: Pinterest @Howdens /Canva

Kaca bening tanpa adanya motif atau tambahan efek buram. Cocok Anda gunakan untuk kabinet yang menampilan pernak-pernik dapur yang ingin Anda pamerkan dengan gamblang.

Material Kabinet dan Rak

Untuk pembuatan kabinet serta rak dapur, berikut beberapa material yang bisa Anda pilih:

  • Kayu Solid

Kayu Solid

Dari segi ketangguhan, kayu solid ini memiliki kekuatan yang tangguh dan mampu menopang beban yang signifikan. Namun demikian, bahan ini memiliki harga yang lebih tinggi daripada bahan lainnya dan cenderung lebih berat untuk Anda pakai sebagai bahan pembuatan kabinet atas dari rak dapur.

  • MDF (Medium Density Fiberboard)

MDF (Medium Density Fiberboard)

Material ini dikonstruksi dari serbuk kayu yang dikumpulkan menjadi satu kemudian di-press agar terkompresi dan kokoh membentuk papan kayu. Punya berat yang relatif ringan, bahan ini kurang tahan terhadap air, sehingga lebih cocok apabila Anda pakai untuk kebutuhan dapur kering.

  • Block Board

Block Board
Sumber Gambar: Pinterest @Sider Craft/Canva

Terbuat dari susunan kayu lunak yang diletakan secara horizontal, material ini mampu menahan berat yang cukup besar tanpa berubah menjadi melengkung. Untuk ketahannya, material ini punya ketahanan yang sedang terhadap air.

  • Multiplek

Multiplek

Multiplek terbuat dari material kayu yang ditumpuk berlapis yang kemudian dipress agar hasilnya padat dan juga kuat. Material ini cukup tahan terhadap air, sehingga cocok untuk area lembap.

  • Aluminium

Aluminium

Aluminium populer karena ketangguhannya terhadap serangan rayap serta korosi air, menjadikannya sebagai opsi utama untuk pembuatan kitchen set yang tahan lama.

Namun, meskipun memiliki kekuatan yang baik, aluminium rentan akan goresan. Selain itu, untuk desain kabinet geser, aluminium cenderung menghasilkan suara yang cukup nyaring.

Lengkapi dapur impian Anda dengan lemari penyimpanan kustom yang dipersiapkan dengan desain presisi dan menggunakan material terbaik hanya di 86 Cipta Buana. Dari lemari dapur tipe Single Line, L, U, hingga C, kami siap membantu Anda mengubah tampilan dapur Anda menjadi lebih menarik dan rapi.

Anda bisa menghubungi kami untuk melakukan konsultasi di sini untuk memahami layanan kami lebih baik atau menanyakan informasi terkait harga kitchen set minimalis dapur kecil, sedang, dan besar. Biarkan kami membantu Anda mengubah konsep kitchen set minimalis Anda menjadi kenyataan yang mengagumkan!

Sumber:

Komentar