9 Inspirasi Kitchen Set Electric, Modern & Aesthetic

kitchen set electric

9 Inspirasi Kitchen Set Electric, Buat Dapur Lebih Modern. Pada dasarnya, listrik merupakan salah satu komponen paling penting bagi kehidupan masyarakat di zaman sekarang. Hal ini karena hampir semua aktivitas memerlukan listrik, termasuk memasak. Jadi, tak heran jika kini ada banyak orang yang mencari kitchen set electric canggih dan aesthetic.

Meskipun baru berkembang sejak abad ke-18, namun muatan listrik pertama kali ditemukan pada tahun 600 SM. Sedangkan alat-alat yang bermuatan listrik (elektronik) baru muncul di awal abad ke-20.[1] Sebab, pada abad inilah pembangkit listrik mulai muncul, baik itu tenaga angin, nuklir, dan lain-lain.[2]

Secara perlahan, alat-alat tersebut mulai menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Semakin banyak alat elektronik yang digunakan, mereka dianggap lebih maju dan modern. Ini termasuk pembuatan konsep dapur electric yang terdiri dari berbagai alat elektronik canggih seperti beberapa contoh berikut ini!

1. Pasang Kompor, Microwave, dan Oven Pada Kitchen Counter

konsep dapur electric

Hal yang menjadi ciri khas utama pada kitchen set minimalis dengan konsep electric adalah kehadiran kompor induksi. Tampilannya jelas berbeda dengan kompor gas, karena kompor induksi tertanam di dalam kitchen counter. Hal ini membuatnya terlihat lebih rapi dan memiliki nilai estetika tinggi.

Selain untuk memenuhi aesthetic, jenis kompor ini juga canggih dan terlihat selaras dengan teknologi di abad ke-21. Hal ini karena kompor induksi memakai sumber energi dari elektromagnetik yang ampuh untuk menghantarkan panas. Jadi, tanpa ada api pun, masakan Anda bisa tetap matang dengan sempurna.

Menariknya, bukan hanya kompor induksi saja yang bisa ada di konsep dapur modern, namun juga oven dan microwave. Biasanya, kedua alat elektronik tersebut juga tertanam pada kitchen counter.

2. Penuhi dengan Ornamen Stainless Steel

kitchen set stainless steel
Sumber : Pinterest - Home Outlet Direct

Jika Anda ingin memiliki dapur dengan konsep electric, memilih kitchen set stainless steel bisa jadi pilihan terbaik. Dari segi estetika, tampilan stainless steel terlihat rapi dan cantik. Terlebih jika Anda memadukannya dengan kabinet dan kitchen counter berwarna netral seperti putih.

Menariknya, bukan hanya dari segi estetika saja, dari segi fungsionalitas alat-alatnya pun stainless steel punya kualitas yang baik. Hal ini karena stainless steel tahan lama dan tahan panas sehingga cocok dengan konsep ini.

Selain itu, jangan lupa untuk memilih berbagai jenis smart kitchen set tools agar kesan maju dan modern tetap menonjol dari dapur Anda. Kompor induksi, oven, dan microwave adalah tiga basic tools yang harus ada di dapur Anda.

3. Mesin Pencuci Piring Adalah Kunci

konsep smart kitchen

Ketika mengusung konsep smart kitchen yang menggunakan alat-alat elektronik, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak menyediakan mesin pencuci piring. Sama seperti alat yang lain, Anda bisa menyimpannya di kitchen counter agar memudahkan ketika Anda selesai memakai alat-alat makan.

Hal ini karena salah satu tujuan mengusung smart kitchen adalah untuk memudahkan kehidupan Anda. Kehadiran alat-alat tersebut bisa assisting keseharian Anda di dapur, sehingga Anda bisa mengeluarkan lebih sedikit waktu dan tenaga. Inilah yang diinginkan oleh orang modern di zaman sekarang.

4. Manfaatkan Ruang Kecil dengan Keep It Simple

dapur electric kecil
Sumber : Pinterest - PC Richard & Son

Salah satu masalah yang banyak terjadi di zaman sekarang adalah sulitnya mendapatkan hunian yang besar, baik itu apartemen maupun rumah. Karena itu, Anda perlu memanfaatkan ruang kecil di rumah atau apartemen Anda dengan baik. Itu kenapa konsep dapur electric kecil banyak dicari.

Kuncinya adalah keep it simple dan hanya pasang furniture yang akan Anda butuhkan, seperti kompor, oven, microwave, dan kulkas. Anda pun tidak perlu memiliki kitchen counter yang terlalu panjang, namun tetap cukup untuk memasak. Poin utamanya adalah kualitas dan bukan kuantitas.

5. Percantik Dapur dengan Nuansa Alam

kitchen set kayu
Sumber : Pinterest - KOL DEALS

Di samping stainless steel, kitchen set kayu juga bisa menjadi pilihan alternatif untuk aesthetic purpose. Terutama jika Anda ingin memberi twist menarik, sehingga dapur tidak terlihat membosankan. Karena, meski konsepnya electric, dapur Anda tetap memiliki nuansa alam yang kental dengan ornamen kayu.

Berkaitan dengan pemilihan warna, warna khas kayu dan warna-warna earth tone yang lain bisa Anda pertimbangkan. Anda pun dapat mendekorasi dapur dengan tanaman hias untuk menambah kesan natural di sana. Namun, jangan lupakan smart kitchen set tools agar konsep utama tidak terlupakan.

6. Mainkan Pemilihan Warna

smart kitchen set tools
Sumber : Pinterest - Story North

Mengenai pemilihan warna, Anda dapat bereksperimen dengan warna yang lebih bold, seperti biru. Jadi, Anda tidak perlu membatasi diri dan hanya memilih warna-warna netral saja, seperti hitam, abu-abu, atau putih. Hanya saja, Anda tetap harus memastikan jika warnanya selaras antara satu sama lain.

Agar dapur terlihat semakin cantik, tidak ada salahnya untuk memasang rak dinding. Lalu, simpan beberapa dekorasi seperti tanaman hias dan alat-alat makan di sana agar nilai estetika bertambah.

7. Gunakan Konsep Open Bar untuk Menghemat Ruang

kitchen set minimalis
Sumber : Pinterest - Wayfair

Selain kitchen set, tidak jarang Anda juga membutuhkan open bar set untuk dapur dengan konsep ini. Terlebih jika Anda tinggal di rumah atau apartemen dengan ruangan yang terbatas, sehingga tidak ada ruang makan yang terpisah. Karena itu, open bar adalah solusi yang bisa Anda coba.

Sebagai tips, gunakan gaya yang selaras pada dapur dan meja makan jika konsepnya adalah open bar. Anda bisa menggunakan material yang sama untuk kitchen counter dan meja. Dekorasi lampu gantung pun bisa menambah kesan aesthetic. Begitu pula dengan kehadiran tanaman hias di dalam dapur.

8. Jangan Lupakan Alat Penyedot Asap Jika Tidak Ada Jendela

konsep dapur electric
Sumber : Pinterest - HGTV

Idealnya, memang harus ada jendela besar di dekat dapur. Hanya saja, dunia memang bukan merupakan tempat yang ideal sehingga Anda tidak selalu mendapatkan apa yang Anda inginkan. Karena itu, Anda perlu berkompromi dengan cara memasang alat penyedot asap di dapur.

Alat ini juga merupakan salah satu ciri khas dapur electric yang cukup populer di abad ke-21. Hal ini mengingat semakin banyak rumah yang tidak memiliki jendela yang cukup di area dapur. Jadi, teknologi yang satu ini bisa jadi solusi.

9. Sediakan Rak Khusus untuk Alat Elektronik

smart kitchen set tools
Sumber : Pinterest - Macy's

Pada dasarnya, poin utama dari konsep dapur ini adalah penggunaan alat-alat elektronik. Jadi, Anda bisa menyediakan rak khusus untuk alat tersebut di area kitchen counter. Pilihannya pun beragam, mulai dari microwave, toaster, mesin pembuat kopi, dan ragam alat-alat elektronik yang lain.

Jadi, sudah tahu gambaran konsep seperti apa yang paling Anda mau? Jika Anda masih merasa bingung, berkonsultasi dengan 86 Citra Buana pasti bisa membantu. Hal ini karena kami merupakan sebuah grup desain interior yang bisa memberi hunian terbaik untuk Anda, termasuk di area dapur.

Karena itu, ayo segera hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik. Sebab, kami tidak hanya menyediakan kitchen set electric canggih saja, namun juga desain interior yang aesthetic. Lebih jauhnya, Anda bisa melihat portofolio kami melalui kitchen set project yang sudah kami miliki!


Sumber :
  1. Energy Kids. Energy Timelines Electricity. https://www.eia.gov/kids/history-of-energy/timelines/electricity.php
  2. Just Energy. The History of Electricity (and the Future of Electric Power). https://justenergy.com/blog/history-of-electricity-electric-power/

Komentar