10 Kreasi Kitchen Set Scandinavian, Cantik dan Elegan

kitchen set scandinavian

10 Inspirasi Kitchen Set Scandinavian. Ketika membicarakan soal konsep desain yang sedang happening saat ini, gaya scandinavian jelas tidak bisa diabaikan. Tampilannya yang cantik dan elegan memang ampuh membuat siapa saja merasa terpukau. Maka dari itu, tidak mengagetkan jika popularitas kitchen set scandinavian terus meningkat.

Konsep desain ini lahir pada awal abad ke-20 di negara Denmark, Finlandia, Norwegia, Swedia, dan Islandia. Kelima negara ini terletak di area Semenanjung Skandinavia, Eropa Utara.[1] Karena alasan itulah mengapa konsep ini dikenal sebagai desain scandinavian oleh masyarakat dunia.

Setidaknya, ada tiga hal terpenting yang menjadi ciri khas desain scandinavian, yaitu fungsionalitas, minimalis dan durabilitas.[2] Namun, jika Anda masih merasa bingung harus membuat konsep dapur scandinavian yang seperti apa, berikut adalah beberapa contoh kreasinya!

1. Pilih Palet Warna yang Calming

konsep dapur scandinavian
Sumber : Pinterest - many change

Sebagian besar orang lebih fokus pada furniture ketika mendesain kitchen set minimalis dengan gaya scandinavian. Hal ini sebenarnya tidak salah, karena hal yang paling menonjol dari gaya ini adalah ragam bentuk furniture yang ada di dalam dapur. Terlebih, jika di sana ada open bar.

Gaya scandinavian akan terlihat dari bentuk kursi dan meja pada open bar yang nyeleneh tapi tetap fungsional. Pun begitu dengan kitchen counter dan kabinet yang punya nilai estetika tinggi. Jangan lupa juga menyimpan beberapa jenis dekorasi yang selaras dengan gaya yang diusung, termasuk lampu gantung.

Namun, jangan lupa juga untuk memilih palet warna yang calming, misalnya seperti earth tone. Anda juga bisa memajang tanaman hias di dalam dapur agar terlihat jauh lebih elegan.

2. Gunakan Clean Cut Kitchen Set

arsitektur scandinavian
Sumber : Pinterest - 333+ Art

Ciri khas lain dari gaya scandinavian adalah bentuknya yang clean. Pilihan ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka tampilan nyeleneh dan lebih prefer memiliki dapur yang terlihat “rapi”. Kata rapi di sini tidak hanya merujuk pada kebersihan dapur, namun juga pada bentuk dan penempatan furniture.

Anda bisa memilih furniture dengan bentuk kotak atau persegi panjang. Pastikan juga jika rak pada kitchen counter dan kabinet bisa memuat banyak barang. Lalu, simpan semua barang tersebut dengan rapi hingga dapur terlihat cantik dan enak untuk dilihat.

3. Maksimalkan Penggunaan Semua Ornamen Kayu

desain kitchen set
Sumber : Pinterest - 333k+ Arts

Pada dasarnya, kurang lengkap rasanya jika membicarakan arsitektur scandinavian tanpa menyebutkan ornamen kayu. Hal ini karena ada banyak arsitek dan desainer gaya scandinavian yang suka mengusung konsep “kembali ke alam”. Karena itu, furniture yang terbuat dari bahan kayu jadi pilihan.

Menariknya, hal ini bukan hanya untuk kepentingan estetika semata, namun juga untuk durabilitas. Ini merupakan salah satu daya tarik utama dari desain kitchen set ala scandinavian. Jangan lupa juga untuk membangun jendela di dekat dapur agar terkena sinar natural langsung dari matahari.

4. Beri Sentuhan Cottagecore

dapur gaya scandinavian
Sumber : Pinterest - Edward George London

Beberapa tahun belakangan, desain cottagecore kembali menjadi pusat perhatian. Pada desain ini, kesan tradisional khas pedesaan adalah hal yang paling ditonjolkan. Namun, tetap dengan memerhatikan nilai estetika agar dapur tetap terlihat cantik dan elegan.

Menariknya, desain ini paling pas untuk Anda padu padankan dengan gaya scandinavian. Anda bisa memasang tiles khas tahun 1950-an sebagai dinding dapur. Lalu, pasang juga kitchen counter, kabinet, dan kitchen set open bar dengan gaya vintage yang selaras.

5. Padukan dengan Gaya Desain Kontemporer

kitchen set minimalis

Pilihan lain yang bisa Anda coba ketika membangun dapur gaya scandinavian adalah memadukannya dengan kitchen set gaya kontemporer. Anda bisa mengaplikasikan smart kitchen ala kontemporer tanpa melupakan gaya clean cut, natural, dan minimalist ala scandinavian.

Jika bingung memilih warna, Anda dapat mempertimbangkan warna netral seperti putih. Setelah itu, kombinasikan warna tersebut dengan furniture lain yang terbuat dari kayu atau berwarna earth tone.

6. Tambahkan Ciri Khas Arsitektur Negara Lain

kitchen set scandinavian kecil
Sumber : Pinterest - Edward George London

Apabila Anda bosan dengan gaya arsitektur yang pure scandinavian, tidak ada salahnya untuk menambah ciri khas arsitektur dari negara lain. Misalnya seperti gaya japandi, yang memadukan gaya desain ala Jepang dan Scandinavia. Ornamen kayu dan marmer bisa Anda jadikan material utama dalam pembuatannya.

Mengenai pemilihan warna, warna dominan hitam bisa jadi pilihan terbaik. Tentu saja Anda dapat memadukannya dengan warna lain, terutama earth tone. Jika memakai material kayu, pilih shade yang lebih gelap jika Anda memadukannya dengan warna hitam.

7. Padukan dengan Gaya Desain Industrial

kitchen set industrial
Sumber : Pinterest - 333k+ Arts

Agar tidak bosan, Anda juga bisa memadu padankan gaya scandinavian dengan kitchen set industrial. Anda bisa mempertahankan ciri khas minimalist, natural, dan fungsional ala scandinavian. Lalu, sebagai twist, gunakan dinding, kitchen counter, rak, dan beberapa furniture lainnya yang terkesan unfinished.

Agar kesan scandinavian-nya tidak hilang, Anda bisa memilih alat masak dan alat makan dengan style khasnya. Lalu, simpan juga beberapa tanaman hias di dalam dapur sebagai bagian dari dekorasi.

8. Open Kitchen Bisa Jadi Solusi

kitchen set open bar
Sumber : Pinterest - Interior Design Blog

Jika Anda tinggal di rumah atau apartemen dengan ruangan yang terbatas, open kitchen bisa menjadi solusinya. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang ingin membangun kitchen set scandinavian kecil. Caranya yaitu dengan menggabungkan dapur dan ruang makan serta ruang tamu atau keluarga.

Sebagai tips, pilih warna monokrom yang senada agar kesan scandinavian tetap terasa. Jangan lupa untuk mempertahankan clean cut agar dapur tetap terlihat indah meskipun gayanya simpel dan sederhana.

9. Padukan dengan Gaya Desain Modern

kitchen set modern
Sumber : Pinterest - Imelda Jordan

Karena lahir di abad yang sama, tidak heran jika kitchen set modern bisa Anda padukan dengan scandinavian. Terlebih, keduanya punya ciri khas yang mirip, yaitu pemilihan furniture clean cut dan minimalist.

Pilihan warnanya pun tidak selalu hitam dan putih, karena Anda bisa mencoba warna lain yang lebih bold seperti biru tua. Anda pun dapat memasang furniture yang berkaitan dengan teknologi, seperti microwave, lemari es berteknologi tinggi, hingga kompor induksi.

10. Pasang Jendela Besar di Sekitar Dapur

konsep dapur scandinavian
Sumber : Pinterest - Daxton Archer

Seperti apa yang mungkin sudah Anda ketahui, cahaya natural dari sinar matahari termasuk poin yang penting dari gaya scandinavian. Hal ini karena desain scandinavian mengedepankan sustainabilitas dan durabilitas. Jadi, semakin sedikit penerangan yang Anda butuhkan di siang hari akan semakin baik.

Karena itu, jangan lupa untuk memasang jendela besar di sekitar dapur agar sinar matahari lebih mudah masuk. Jika bisa, gunakan jendela yang bisa Anda buka dengan mudah agar asap yang dikeluarkan ketika memasak tidak memenuhi rumah.

Namun, akan lebih baik jika Anda memasang alat penyedot asap agar lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi udara.

Itulah beberapa gambaran yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin membangun dapur dengan gaya scandinavian. Selain itu, Anda juga bisa mendiskusikan langsung gaya mana yang paling Anda suka dengan  bantuan profesional dari 86 Cipta Buana.

Pastinya, Anda bisa berdiskusi soal desain interior maupun furniture kitchen set scandinavian bersama kami. Cari tahu lebih lanjut tentang kitchen set project kami dan sesuaikan dengan preferensi pribadi. Jadi, apa lagi yang Anda tunggu? Ayo hubungi kami sekarang juga untuk make over dapur Anda!


Sumber :

Komentar