10 Inspirasi Kitchen Set Industrial dan Dekorasinya

kitchen set industrial

10 Ide Kitchen Set Industrial Buat Keren dan Berkarakter. Pada beberapa tahun terakhir, Anda mungkin sering mendengar istilah “industrial design”. Hal ini karena popularitasnya semakin naik setelah ada banyak coffee shop yang memakai tema ini. Jadi, tidak heran jika semua hal yang berkaitan dengan design ini, termasuk kitchen set industrial, mulai banyak dilirik publik.

Konsep utama dari industrial design adalah “unfinished”, sehingga ada banyak elemen mentah yang relatif menonjol di dalam ruangan.[1] Tema ini terinspirasi dari revolusi industri di abad ke-18 silam. Orang yang memulai tren industrial ini adalah Peter Behrens, seorang desainer asal Jerman.[2]

Jika Anda tertarik untuk memakai konsep dapur industrial namun masih bingung harus memulai dari mana, berikut beberapa inspirasinya untuk Anda!

1. Biarkan Dinding Unfinished

konsep dapur industrial
Sumber : Pinterest - 333k+ Arts

Hal pertama yang bisa Anda coba ketika membangun dapur industrial adalah dindingnya. Caranya adalah dengan membiarkan aksen batu bata terlihat jelas agar kesan “unfinished” lebih terasa. Jika bisa, gunakan batu bata dengan warna berbeda supaya Anda merasa kembali ke masa-masa revolusi industri.

Selain dinding, Anda juga bisa menambahkan dekorasi tanaman hias dan lampu gantung di dapur. Lampu gantung adalah pilihan terbaik yang paling pas dengan desain ini. Lalu, siapkan juga kitchen counter dan kabinet dengan sentuhan kayu, besi, atau campuran keduanya.

Sebagai tambahan, pilihlah warna gelap atau yang earth tone, seperti hitam, abu-abu, atau coklat untuk mendapatkan kesan industrial.

2. Open Kitchen Adalah Kunci

dapur industrial
Sumber : Pinterest - Home Stratosphere

Jika Anda tinggal di Indonesia, dapur industrial outdoor hampir tidak mungkin untuk Anda miliki. Hal ini karena kondisi alam yang tidak memungkinkan. Selain itu, Anda juga akan merasa kesulitan saat harus berkompromi dengan tetangga dan orang sekitar.

Karena itu, open kitchen adalah salah satu solusi alternatif yang bisa Anda gunakan. Caranya adalah dengan tidak membangun ruangan di sekitar dapur dan membiarkannya menyatu dengan ruang makan hingga ruang tamu. Jika bisa, gunakan dinding kaca sebagai sekat dalam ruangan dan luar ruangan.

Agar kesan industrialnya ada, jangan lupa untuk memakai material kayu, khususnya pada meja makan. Jangan lupa juga dengan dekorasi lampu gantung yang menjadi ciri khas dari tema design yang satu ini. Tambahan rak gantung sebagai kabinet juga bisa Anda gunakan agar nilai estetika di dapur semakin bertambah.

3. Gunakan Banyak Ornamen Besi

kitchen set industrial besi
Sumber : Pinterest - 333k+ Arts

Kurang lengkap rasanya jika Anda menggunakan konsep ini tanpa kitchen set industrial besi. Hal ini karena besi merupakan ornamen penting yang menjadi ciri khas dari tema design industrial. Kombinasikan dengan material kayu agar dapur terlihat semakin cantik.

Agar lebih terkesan industrial, Anda dapat menggunakan dekorasi yang terlihat datang langsung dari tahun 1700-an hingga 1800-an, saat revolusi industri masih terjadi. Beberapa di antaranya adalah teko, gelas, piring, dan peralatan lain yang akan sering Anda gunakan di dapur.

4. Sesuaikan Lantai dengan Tema Industrial

industrial kitchen design
Sumber : Pinterest - The Olive Branch Nest

Bukan hanya area dinding saja yang bisa Anda beri kesan “unfinished”, namun juga area lantai. Pencahayaan minim pun bisa menambah kesan industrial, pastinya dengan lampu gantung yang khas. Hal ini bisa membuat dapur Anda terlihat seperti pabrik di tahun 1700-an hingga tahun 1800-an.

Selain dominasi warna hitam, Anda pun bisa memilih furniture dengan dominasi warna merah gelap untuk menghias ruangan.

5. Tambah Sentuhan Minimalis

dapur industrial minimalis
Sumber : Pinterest - Backsplashva

Jika desain dapur yang 100% industrial terasa terlalu ekstrem bagi Anda, maka Anda bisa mencoba konsep dapur industrial minimalis. Caranya adalah dengan menambah ornamen khas minimalis, terutama pada kitchen counter, kabinet, dan meja makan.

Meski begitu, kesan industrialnya tidak boleh hilang. Caranya adalah dengan menjaga dinding agar tetap terkesan unfinished. Pun begitu dengan pemilihan kursi, alat makan, lampu gantung, dan dekorasi khas industrial lain.

6. Gunakan Ornamen Kayu dengan Kesan Unfinished

dapur industrial outdoor
Sumber : Pinterest - 333k+ Arts

Seperti apa yang sudah dibahas sebelum ini, salah satu ciri khas industrial kitchen design adalah kehadiran banyak ornamen kayu. Terutama ornamen dengan kesan yang unfinished. Anda bisa memakai two-toned furniture yang terbuat dari bahan kayu untuk menambah kesan ini.

Pilihan furniture-nya pun beragam, mulai dari kitchen counter, kabinet, hingga meja makan dan kursi dengan konsep open bar. Jangan lupa juga untuk memasang lampu gantung dengan bahan kayu yang senada agar menambah estetika.

7. Beri Sentuhan Modern

dapur industrial modern
Sumber : Pinterest - Foyr Neo

Tidak hanya gaya minimalis, Anda juga bisa mengombinasikan gaya industrial di area dapur Anda dengan gaya modern. Bahkan, konsep dapur industrial modern menarik banyak perhatian karena gayanya yang unik namun tetap elegan.

Salah satu ciri khas dari konsep dapur modern adalah minimnya dekorasi atau hiasan. Jadi, Anda hanya perlu menyimpan apa yang Anda butuhkan di rak dan kabinet dapur. Sebagai tambahan, simpan beberapa pot tanaman hias agar dapur terlihat lebih enak dipandang mata.

8. Dominasi Warna Putih Bisa Jadi Pilihan Alternatif

konsep dapur modern
Sumber : Pinterest - Home Stratosphere

Meskipun kebanyakan gaya desain industrial menggunakan warna yang lebih gelap seperti hitam, abu-abu, coklat, dan merah, warna putih juga bisa jadi pilihan. Hasilnya tidak kalah cantik, terlebih jika Anda memasang rak untuk menyimpan alat-alat dapur dan hiasan lain tepat di atas kitchen counter.

Konsep open bar set dan open kitchen pun bisa Anda gunakan, khususnya apabila Anda ingin membuat dapur industrial kecil. Pasang juga lampu gantung berwarna putih sebagai hal yang bisa menyempurnakan tampilan dapur Anda.

9. Pasang Open Bar dengan Konsep Unfinished

dapur industrial kecil
Sumber : Pinterest - Home Stratosphere

Konsep unfinished yang menjadi ciri khas dari desain ini tidak hanya bisa Anda gunakan di area dapur saja, namun juga di area open bar. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan meja makan dan kursi yang seakan-akan belum jadi. Hal ini terlihat dari potongannya yang masih belum rapi.

Desain ini cocok untuk Anda padu padankan dengan ornamen kayu. Sentuhan minimalis juga bisa Anda gunakan agar kesan dapur tetap terlihat rapi dan tidak berantakan meskipun Anda memakai konsep unfinished.

10. Gantung Alat-Alat Dapur di Dinding Secara Langsung

konsep dapur industrial
Sumber : Pinterest - Houzz

Terakhir, Anda bisa menggantung alat-alat dapur di dinding secara langsung. Ini juga merupakan salah satu ciri khas dari desain dapur di tahun 1700-an hingga 1800-an. Akan lebih baik jika alat-alat tersebut terlihat jadul, mulai dari panci, katel, dan berbagai alat masak lain yang Anda gunakan.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk memasang rak di area sudut. Rak tersebut bisa Anda gunakan untuk menyimpan bumbu masakan dan lain sebagainya.

Jadi, apakah Anda sudah memiliki gambaran tentang konsep dapur seperti apa yang sesuai dengan preferensi Anda? Jika belum, 86 Cipta Buana siap membantu Anda untuk menemukan konsep yang paling pas. Hal ini karena kepuasan Anda adalah prioritas yang paling utama bagi tim kami.

Bersama dengan kami, Anda bisa menemukan kitchen set industrial terbaik. Ada banyak kitchen counter, kabinet, dan furniture dapur lain yang bisa Anda temukan di sini. Contohnya bisa Anda lihat langsung di kitchen set project kami. Jadi, jangan ragu untuk hubungi kami sesegera mungkin!


Sumber:

Komentar