10 Ide Kitchen Set Kontemporer, dari Klasik hingga Kekinian

kitchen set kontemporer

Kitchen Set Kontemporer: Ini 10 Pilihannya. Berbicara tentang konsep desain ala abad ke-21, kurang lengkap rasanya jika tidak menyebut kontemporer. Sebab, konsep ini lahir di tahun 2000-an dan menjadi salah satu pioneer design abad ini. Jadi, sangat wajar jika kitchen set kontemporer mencuri perhatian hampir semua lapisan masyarakat.

Pada konsep desain ini, Anda akan menemukan banyak model kitchen set terbaru. Hal ini selaras dengan definisi kontemporer, yaitu sesuatu yang sedang terjadi sekarang.[1] Jadi, konsep ini berbeda dengan konsep desain modern yang lebih merujuk ke tahun 1900-an atau desain di abad ke-20.

Berbeda dengan sebagian besar konsep desain yang punya ciri khas yang dominan dan menonjol, desain kontemporer tidak punya hal itu. Ada yang menonjolkan teknologi, ekologi, bahkan ada yang menerapkan gaya tradisional.[2] Jika Anda masih belum memiliki gambaran, berikut adalah beberapa idenya!

1. Beri Sentuhan Minimalis

kitchen set minimalis dapur kecil
Sumber : Pinterest - gira.rinne

Tahukah Anda jika model kitchen set minimalis mewah sedang menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir? Ada banyak orang yang menyukai konsep ini karena tampilannya yang terlihat rapi dan indah. Meskipun desain dapur sangat identik dengan kesederhanaan, namun kesan mahal tetap terasa.

Anda pun bisa menggunakan open bar agar desain dapur terlihat lebih kekinian. Open bar ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki kitchen set minimalis dapur kecil dengan gaya kontemporer. Jadi, Anda tidak perlu membuat ruangan khusus sebagai ruang makan.

Jangan lupa juga untuk memakai furniture dengan kombinasi bahan High Pressure Laminate (HPL) dan kayu untuk menambah sentuhan kontemporer minimalis pada dapur.

2. Pasang Teknologi Tingkat Tinggi

model kitchen set terbaru
Sumber : Pinterest

Meskipun tidak ada hal yang terasa dominan di desain kontemporer, namun penggunaan teknologi cukup populer karena sesuai dengan abad ke-21. Karena itu, Anda bisa membuat kitchen set mewah elegan dengan memasang furniture yang memakai teknologi tingkat tinggi.

Ada banyak teknologi yang bisa Anda gunakan di dapur. Namun, furniture yang paling umum adalah kompor induksi, kulkas canggih, hingga oven dan microwave yang dipasang di kitchen counter. Jika ada, Anda pun bisa memajang mesin pembuat kopi dan teknologi ala abad ke-21 lainnya di dapur.

3. Konsep Ekologi Bisa Jadi Solusi

kitchen set kayu
Sumber : Pinterest - 333k+ Arts

Menggunakan kitchen set kayu juga bisa jadi pilihan, terutama jika Anda ingin mengusung konsep ekologi. Jadi, pastikan Anda memilih kitchen counter dan kabinet yang terbuat dari kayu. Namun, tidak ada salahnya untuk mengombinasikannya dengan aluminum agar kesan kontemporer tetap ada.

Lalu, pakai juga alat-alat masak dan alat-alat makan yang terbuat dari kayu dan ramah lingkungan. Sebagai penambah kesan ekologi, Anda bisa memasang berbagai jenis tanaman hias di dapur.

4. Gaya Klasik Adalah Kunci

model kitchen set minimalis mewah
Sumber : Pinterest - Gail Steinberg

Bukan hanya gaya yang kekinian saja yang bisa Anda coba, namun juga gaya yang lebih klasik. Caranya yaitu dengan memberikan sentuhan warna putih, menggunakan lebih banyak bahan marmer, atau keduanya. Hanya saja, jangan untuk memanfaatkan alat dan perabot dapur yang berteknologi ala abad-21.

Sebagai dekorasi, Anda bisa memilih lampu gantung klasik agar dapur terlihat semakin cantik. Tambahan dinding kaca juga merupakan ide yang cukup baik, terutama jika dapur Anda langsung menghadap ke bagian belakang rumah.

5. Gunakan Kitchen Counter yang Fungsional dan Multifungsi

kitchen set dapur
Sumber : Pinterest - Rachel Shikhman

Pada dasarnya, ada banyak orang yang menggunakan konsep desain kontemporer untuk menyesuaikan dengan rumah atau apartemen yang berukuran kecil. Karena itu, Anda perlu memastikan jika furniture yang ada di dapur pasti fungsional. Poin lebih jika furniture tersebut juga multifungsi.

Contoh yang paling kecil adalah kitchen counter, yang merupakan salah satu komponen paling penting di kitchen set dapur. Usahakan jika furniture ini tidak hanya memenuhi fungsi estetika, namun juga efektif untuk digunakan. Tidak hanya pada bagian surface untuk memasak, tapi juga di bagian bawahnya.

Akan lebih baik jika ada banyak rak pada bagian bawah kitchen counter untuk menyimpan alat masak, alat makan, dan lain-lain. Sehingga, Anda hanya perlu sedikit kabinet saja atau bahkan tidak menggunakannya sama sekali.

6. Mainkan Pemilihan Warna

kitchen set sederhana
Sumber : Pinterest - Mĕll Xtẁo

Kebanyakan kitchen set sederhana maupun mewah di zaman sekarang memang lebih sering menggunakan warna monokrom. Rata-rata orang memilih warna hitam, abu-abu, dan warna gelap lain. Tidak jarang, ada juga yang memilih warna dominan putih jika mereka ingin konsep yang lebih klasik.

Namun, tidak ada salahnya untuk memilih warna yang lebih bold seperti merah. Anda bisa memakai warna tersebut baik untuk sebagian dapur, misalnya untuk bagian rak atau kabinet saja. Namun, tidak ada salahnya untuk memakai warna bold sebagai warna yang lebih dominan di sana.

7. Gunakan Banyak Ornamen yang Terbuat dari Aluminium

kitchen set aluminium
Sumber : Pinterest - Varahi Vastu

Selain ornamen kayu, kitchen set aluminium juga tidak kalah populer dalam konsep kontemporer. Hal ini karena kesan rapi dan bersih yang terlihat jelas ketika Anda memiliki dapur yang seperti ini. Jangan lupa juga untuk menggunakan kabinet dan kitchen counter yang punya banyak rak agar lebih rapi.

Selain bahan aluminum, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan lain yang serupa, seperti High Pressure Laminate (HPL). Pilihan warnanya pun bisa beragam, namun abu-abu bisa jadi pilihan terbaiknya.

8. Tambahkan Sentuhan Tradisional

kitchen set mini bar
Sumber : Pinterest - 333k+ Arts

Meskipun erat dengan teknologi, namun tidak jarang desainer yang fokus ke gaya kontemporer memakai sentuhan yang lebih tradisional. Meski begitu, kesan kekiniannya akan tetap terasa. Misalnya dengan cara membuat kitchen set mini bar yang terbuat dari bahan kayu atau Medium Density Fiberboard (MDF).

Selain itu, gunakan juga alat dapur serta alat makan yang bergaya tradisional, misalnya yang memakai bahan tanah liat. Anda juga bisa menghias dapur dengan vas vintage dan juga berbagai jenis dekorasi vintage yang lainnya. Pastinya, dengan dominasi kayu dan juga tanah liat.

9. Bangun Dapur Kontemporer yang Simpel

kitchen set minimalis dapur kecil
Sumber : Pinterest - Wayfair

Pernah mendengar kata “simple is best”? Ternyata, hal ini juga bisa Anda terapkan ketika membangun dapur. Terlebih jika Anda tinggal di rumah atau apartemen dengan akses ruang yang terbatas.

Anda dapat membangun open kitchen yang tersambung langsung dengan open bar dan ruang tamu atau ruang keluarga. Lalu, gunakan lah furniture yang berukuran kecil dengan desain sederhana.

10. Manfaatkan Ruang Sempit

kitchen set sederhana
Sumber : Pinterest

Masih berkaitan dengan konsep dapur kontemporer di apartemen atau rumah kecil, Anda pun bisa memanfaatkan ruangan yang sempit. Salah satu caranya adalah dengan memasang mesin pencuci piring, oven, microwave, dan teknologi khas abad ke-21 yang lain di atas satu sama lain.

Itulah gambaran umum tentang desain kontemporer yang bisa Anda gunakan di area dapur. Jadi, sudah siap untuk membangun dapur baru dengan konsep kontemporer yang sesuai dengan keinginannya Anda? Jika sudah, ayo hubungi 86 Citra Buana sekarang juga!

Hal ini karena kami tidak hanya menyediakan ragam furniture kitchen set kontemporer saja, namun juga menyiapkan desain yang elegan dan fungsional. Karena itu, ayo ubah dapur Anda menjadi lebih berkelas dan penuh gaya dengan 86 Citra Buana!


Sumber :

Komentar